Pages

Subscribe:

Monday, April 30, 2012

Naruto

Naruto Original
Anime yang satu ini bisa dibilang anime paling fenomenal di Jepang bahkan di seluruh dunia. Ketenarannya yang begitu luas menjadikan Naruto sebagai contoh icon untuk setiap hal yang berbau anime, termasuk event-event Jepang yang sering diadakan di berbagai tempat. Berbagai tokoh-tokohnya juga hampir semua memiliki fans sendiri-sendiri. Seri anime Naruto ini ditulis dan diilustrasikan oleh Masashi Kishimoto. Kisahnya menceritakan tentang petualangan seorang bocah ninja berumur 12 tahun bernama Uzumaki Naruto, yang hidup sebatang kara dan bercita-cita ingin menjadi seorang Hokage, yaitu seorang ninja pemimpin desanya dan yang paling kuat diantara semuanya.

Komik Naruto pertama kali diterbitkan oleh Shueisa pada tahun 1999 di Jepang dalam edisi ke-43 majalah Weekly Shonen Jump. Kemudian diadaptasi ke dalam sebuah anime yang diproduksi oleh Studio Pierrot dan Aniplex pada tanggal 3 Oktober 2002. Sekuel pertama anime Naruto memiliki 220 episode, sedangkan sekuel kedua yaitu Naruto Shippuden masih terus berlanjut (ongoing) dan sudah ditayangkan sejak 15 Februari 2007. Hingga saat ini (1 Mei 2012), Naruto Shippuden telah dirilis hingga 260 episode. Selain itu, Studio Pierrot juga telah merilis beberapa OVA (Original Video Animation) dan 3 movie untuk Sekuel Naruto, sedangkan 5 movie untuk Sekuel Naruto Shippuden. Movie terakhir Naruto Shippuden yang berjudul Blood Prison sementara belum tersedia untuk diunduh secara digital.

1. Plot
Naruto Uzumaki, tokoh utama
anime Naruto

Sebelum cerita utama dimulai, 12 tahun yang lalu muncul seekor Musang besar bernama Kyubi (telah terungkap beberapa bulan yang lalu bahwa nama aslinya adalah Kurama) yang menyerang desa Konoha. Kekuatan Kyubi yang terlalu besar dan tak bisa dikendalikan, akhirnya memaksa Hokage ke-4 (Yondaime Hokage) untuk menyegelnya ke dalam tubuh anaknya sendiri, Naruto. Penyegelan ini membutuhkan pengorbanan nyawa Hokage ke-4 sendiri, hingga ia pun harus meninggal. 12 tahun kemudian Naruto yang sebatang kara telah tumbuh menjadi anak yang bandel. Pernah suatu hari dia mencorat-coret keempat patung wajah hokage menggunakan cat warna-warni. Karena sifatnya yang bandel itu, dia juga menjadi anak yang paling bodoh di kelasnya. Naruto yang sifatnya juga polos kemudian ditipu oleh seorang pengkhianat yang juga merupakan seorang guru di desa konoha, namanya Mizuki. Mizuki menyuruh Naruto untuk mencuri surat gulungan Hokage ke-3. Namun, setelah Naruto tahu bahwa tujuan Mizuki berkhianat, dia menolak untuk memberikan surat gulungan itu. Mizuki langsung mamaksa dan mengancam Naruto untuk mememberikan surat gulungan itu padanya, tapi Naruto tetap menolak. Akhirnya Naruto lari dan dikejar oleh Mizuki. Iruka (guru favorit Naruto) yang mengetahui hal itu segera datang menolongnya. Tapi, Mizuki ternyata lebih kuat dari Iruka hingga ia berhasil membuat Iruka kewalahan. Diluar dugaan, secara diam-diam Naruto telah mempelajari jutsu yang berada di dalam surat gulungan itu. Hingga ia pun berhasil mengalahkan Mizuki dengan menggunakan jurus Kage Bunshin no Jutsu yang baru saja ia kuasai. Pada akhirnya, Naruto berhasil naik ke tingkat genin.

Beberapa hari kemudian ada pembagian tim di kelas Naruto yang mana satu tim terdiri dari 3 orang. Tim Naruto adalah Tim 7 yang beranggotakan Haruno Sakura, Uchiha Sasuke, dan Naruto sendiri, sedangkan gurunya adalah Kakashi Hatake. Mereka bertiga menjalani tes yang diadakan oleh Kakashi. Sebelumnya mereka hampir gagal, namun karena kekompakan yang mereka miliki, Kakashi meluluskan mereka. Sebagai tim baru, Tim 7 ini menjalankan misi perdana yaitu pergi ke desa air dan menolong penduduk di desa tersebut karena dilanda kemiskinan. Mereka pergi didampingi oleh salah satu penduduk desa yang bernama Tazuna. Pertarungan terbesar dalam misi ini adalah melawan dua orang dari desa kabut yaitu Haku dan Zabuza.

Ujian Chunin
Setelah misi penyelamatan di desa air selesai, Naruto dan lainnya kembali ke desa Konoha. Sepulangnya dari misi pertama, mereka langsung disambut dengan ujian Chunin. Saat pendaftaran ujian, Naruto, Sasuke dan Sakura bertemu dengan banyak saingan baru yang kuat antara lain, Gaara, Kankurou, Temari, Rock Lee, Neji Hyuga, Aburame Shino, Shikamaru Nara, Kiba Inuzuka dan lain-lain. Ujian chunin yang pertama adalah ujian tertulis yang mana sudah menggugurkan banyak peserta. Dilanjutkan dengan ujian Chunin yang kedua yaitu mengharuskan para peserta untuk masuk ke dalam hutan yang luas dan lebat yang tujuan aslinya adalah untuk mencapai sebuah bangunan di pusat hutan itu. Para peserta yang lolos nantinya akan dikumpulkan dan diadakan ujian berikutnya yaitu pertarungan satu lawan satu. Ujian pertarungan ini dibagi menjadi dua sesi, yang pertama adalah saat di tengah hutan itu sendiri, kemudian yang kedua adalah di desa Konoha namun diadakan pada hari lain.

Ujian pertarungan Chunin sesi kedua pun dimulai dengan pertarungan pertama antara Naruto melawan Neji. Pertarungan ini akhirnya dimenangkan oleh Naruto dengan sedikit bantuan chakra kyubi. Setelah itu pertarungan terdahsyat adalah antara Gaara melawan Sasuke. Di tengah-tengah pertarungan itu terjadi kekacauan yang mengakibatkan terhentinya pertarungan. Para peserta ditidurkan dengan menggunakan asap oleh para musuh. Hokage ke-3 sebelumnya memang sudah mencurigai bahwa Kazekage adalah Orochimaru dan mengetahui rencana jahatnya di balik semua ini. Orochimaru kemudian menampakkan wujud aslinya dan bertarung dengan Hokage ke-3 di dalam sebuah perisai berbentuk balok yang dibuat oleh anak buah Orochimaru. Perang di Konoha pun terjadi hingga para penduduk harus diungsikan. Sedangkan Gaara dibawa lari oleh Temari dan Kankurou di sebuah hutan yang jauh dari arena pertarungan. Sasuke mengejar mereka dan terjadi perlawanan yang dahsyat kembali antara Gaara dengan Sasuke. Namun, pada akhirnya Sasuke kehabisan tenaga bahkan hampir dibunuh oleh Gaara. Pada saat itulah Naruto datang dan menyelamatkan Sasuke, hingga ia melanjutkan pertarungan untuk melawan Gaara. Dalam pertarungan dengan Gaara ini, Naruto mengerahkan seluruh tenaga hingga ia berhasil mengalahkannya sekaligus menyadarkannya. Di tempat lain, Hokage ke-3 terpaksa mengorbankan nyawanya untuk menyegel tangan Orochimaru. Setelah penyegelan ini, perang selesai dan desa Konoha kembali seperti semula.

Itachi & Kisame, dua orang anggota Akatsuki
Di tengah cerita, sebuah organisasi misterius bernama Akatsuki mengutus dua orang pergi ke desa Konoha untuk menculik Naruto yang memiliki kekuatan kyubi, mereka adalah Itachi Uchiha dan Kisame Hoshigaki. Khawatir akan keadaan Naruto yang diincar oleh Akatsuki, Jiraiya mengajak Naruto pergi ke suatu tempat dan mengajarinya jurus warisan Hokage ke-4, yaitu Rasengan. Dalam proses menguasai jurus rasengan ini, Naruto dan Jiraiya juga melakukan pencarian seorang Sannin bernama Tsunade. Jiraya diberi saran oleh para penasehat Konoha bahwa Tsunade cocok untuk menjadi generasi Hokage berikutnya. Pada bagian akhir cerita, ketiga Sannin saling bertarung, yaitu Tsunade, Orochimaru, dan Jiraiya. Naruto dan Yakushi Kabuto pun juga ikut terlibat dalam pertarungan ini. Kekalahan akhirnya berpihak pada Orochimaru, kemudian ia pergi bersama Kabuto. Tsunade akhirnya juga mau diangkat menjadi seorang Hokage, dan ia pun menjadi Hokage ke-5.

Akibat melawan Itachi, Sasuke terluka dan ia pun dirawat di rumah sakit. Sasuke selalu terbayang dengan kehebatan Naruto, yang menyatakan bahwa Naruto jauh lebih kuat darinya. Karena perasaan tidak terima itu, Sasuke menantang Naruto untuk berduel. Keduanya bertarung hingga masing-masing mengeluarkan jurus andalannya yaitu Rasengan dan Chidori. Namun, ditengah-tengah pertarungan Kakashi melerai mereka berdua.

Sasuke masih dendam terhadap Naruto dan dia berencana untuk meninggalkan desa Konoha. Rencananya itu diketahui oleh Orochimaru, dan ia pun mengutus keempat anak buahnya untuk membujuk Sasuke bergabung dengannya. Akhirnya Sasuke terbujuk dengan ajakan itu, dan ia pun mengikuti mereka berempat. Naruto yang mengetahui hal itu tentu sangat marah dan mengejar Sasuke dan ingin membawanya pulang. Pengejaran Sasuke itu sebenarnya tetap di bawah komando Tsunade, dimana ia tidak membolehkan Naruto mengejar Sasuke sendirian. Maka dari itu ia mengutus Shikamaru, Choji, Neji, dan Kiba untuk menemani Naruto. Kemudian juga disusul Rock Lee sebagai pengganti Naruto melawan Kimimaro. Pada saat-saat yang terdesak, Gaara, Temari, dan Kankurou datang menolong Kiba, Shikamaru, dan Rock Lee.

Naruto melawan Sasuke di Lembah Akhir
Pada akhirnya Naruto tiba di lembah akhir (Valley of the End), tempat di mana ia akan bertarung dengan Sasuke. Terjadi pertarungan yang sengit diantara keduanya, hingga Naruto mengeluarkan ekor satu dari chakra kyubi. Begitu juga dengan Sasuke, ia mengeluarkan Cursed Seal of Heaven yang diberikan oleh Orochimaru padanya. Naruto dalam bentuk kyubi ekor satu mengeluarkan rasengan, sedangkan Sasuke dalam bentuk Cursed Seal mengeluarkan Chidori. Kedunya saling membenturkan jurusnya masing-masing hingga terjadi ledakan hebat. Naruto akhirnya kalah, dan Sasuke pun pergi meninggalkannya seorang diri. Setelah pengejaran Sasuke ini, cerita selanjutnya adalah mengerjakan misi-misi yang diberikan oleh Tsunade. Misi-misi ini dikerjakan dalam satu tim yang biasanya terdiri dari 3 - 5 orang.

Pada episode terakhir, Jiraiya mengajak Naruto untuk menjadi murid resminya dan melatih jurus-jurus baru selama 3 tahun untuk melawan Akatsuki.

7 comments:

Agus Sugianto said...

keren!!!
suka anime juga ya gan?!
kasih komiknya juga dong, hahahaha request!!!
oh iya, sekalian minta follback-nya ya gan!!!

Anonymous said...

thumbsup thumbsup:D

Anonymous said...

Wonderful goods from you, man. I've understand your stuff previous to and you are just extremely excellent. I actually like what you've acquired here, really like what
you are stating and the way in which you say it.
You make it enjoyable and you still take care of to keep it wise.

I can't wait to read much more from you. This is really a terrific website.

my web site; adventure cruises in the galapagos on silversea expeditions

Anonymous said...

It's in reality a nice and useful piece of information. I am happy that you shared this useful info with us. Please keep us up to date like this. Thank you for sharing.

Also visit my web blog wine buyers

Anonymous said...

Thanks to my father who stated to me concerning this webpage,
this weblog is in fact remarkable.

Also visit my web blog - http://socialcomputing.trojanifsc.net

Anonymous said...

This design is incredible! You obviously know how
to keep a reader amused. Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own
blog (well, almost...HaHa!) Great job. I really enjoyed
what you had to say, and more than that, how you presented it.
Too cool!

Here is my homepage: click the next web site

pelajar bahasa jepang said...

wih, naruto emang komik terpopuler saat ini, tapi nggak pernah tamat nih:D

Post a Comment