Pages

Subscribe:

Tuesday, April 17, 2012

Dragon Ball

Dragon Ball (Sekuel Pertama)
Anime ini merupakan salah satu anime yang cukup terkenal di dunia. Kepopulerannya ini pun tidak kalah dengan Naruto, One Piece, Bleach dll. Dragon Ball direalisasikan pertama kali di Weekly Shonen Jump dari tahun 1984 hingga 1995, yang mana seluruh ceritanya terdiri dari 519 chapter dan kemudian dibukukan (komik) menjadi 42 seri/volume. Cerita asli Dragon Ball sebenarnya ditulis dan digambar oleh Akira Toriyama yang mana juga sudah menciptakan anime-anime lain yang tak jauh beda ciri khas gambarnya dengan Dragon Ball. Akira mengangkat cerita Dragon Ball berdasarkan legenda kuno yang berasal dari Negara China yaitu Journey to the West.

Dalam Journey to the West dikisahkan tentang seekor kera bernama Sun Gokong yang berpetualang bersama gurunya Bhiksu Tong serta kedua saudara angkatnya, pergi ke barat untuk mengambil kitab suci. Namun, cerita dibuat agak berbeda dalam versi Dragon Ball ini yang mana tokoh utama dalam anime ini bernama Son Goku. Son Goku memang seekor kera, namun latar biologis kera yang dimilikinya adalah karena dia merupakan keturunan bangsa Saiya. Bangsa Saiya adalah bangsa yang hidup di Planet Vegeta (Bejita), planet di luar angkasa yang berjarak sangat jauh dari bumi. Meski secara kasat mata mereka sepenuhnya mirip dengan manusia, namun bisa dikatakan bahwa bangsa ini hampir menyerupai alien karena mereka memiliki ciri biologis yang sedikit berbeda dengan manusia, yaitu memiliki ekor, fisik yang lebih kuat, rambut yang hanya sekali tumbuh saja dll. Berbeda dengan cerita Sun Gokong yang merupakan seekor kera yang terlahir dari sebuah batu. Son Goku terlahir dari keluarga yang terdiri dari seorang ayah (Bardock), dan kakak laki-laki (Raditz).

Dragon Ball Z (Sekuel Kedua)
Dalam petualangannya sejak dari kecil hingga dewasa, Goku menjalin persahabatan dengan teman-teman barunya yang mana mereka akan menjadi pendukung dan membantu Goku hingga akhir kisah Dragon Ball ini. Teman pertama yang ia temui adalah Bulma, seorang gadis berasal dari kota yang ia temui di dekat rumahnya. Begitu pula dia juga bertemu dengan musuh-musuh yang unik dan kuat yang harus ia hadapi.

Cerita Dragon Ball ini sendiri pun terdiri dari 3 sekuel, yaitu Dragon Ball, Dragon Ball Z, dan Dragon Ball GT. Dragon Ball (sekuel pertama) mengisahkan tentang petualangan Goku pada masa kanak-kanak hingga remaja dewasa. Pada akhir cerita sekuel ini Goku menikah dengan Chi Chi. Kemudian pada Dragon Ball Z bercerita tentang terkuaknya latar belakang Goku yang diceritakan oleh kakaknya (Raditz) bahwa ia adalah seorang keturunan bangsa Saiya, mekipun dalam hati kecilnya dia menolak tentang kenyataan itu. Di sini dia juga bisa berubah wujud menjadi manusia Super Saiya, yaitu perubahan legendaris yang hanya diwarisi Bangsa Saiya saja. Sedangkan Dragon Ball GT adalah sekuel terakhir dari seri Dragon Ball ini yang mana Goku bisa mencapai bentuk Super Saiya yang baru yaitu Super Saiya 4.

Pada tahun 2009 toei merevisi Dragon Ball Z dengan nama Dragon Ball Kai. Inti dari cerita Dragon Ball Kai sebenarnya sama persis dengan Dragon Ball Z. Dalam Dragon Ball Kai perbedaannya hanyalah : efek suara yang lebih bagus, grafis yang diperhalus, bagian cerita banyak yang dipotong sehingga terkesan lebih singkat seperti pada manga aslinya, dan theme song yang baru.

Dragon Ball GT (Sekuel Ketiga)
Yang lebih hebat lagi, cerita Dragon Ball ini banyak diadaptasi atau dijadikan inspirasi oleh para mangaka-mangaka Jepang lain dalam pembuatan komiknya seperti Masashi Kishimoto (Naruto), Eiichiro Oda (One Piece), Tite Kubo (Bleach), Makoto Raiku (Zatch Bell), Yoshio Sawai (Bobobo-bo Bo-bobo), dan Hiro Mashima (Rave Master, Fairy Tail). Kesekian anime tersebut kurang lebih memiliki tema yang sama dengan Dragon Ball, yaitu petualangan dan pertarungan. Istilah kekuatan energi yang ada dalam Dragon Ball yang bernama KI pun juga dipakai oleh mereka, seperti contoh dalam Naruto (Chakra), One Piece (Haki) dll. Bisa dikatakan bahwa Dragon Ball adalah anime yang menjadi pelopor atau inspirator bagi anime-anime Jepang berikutnya.

Dragon Ball Z Kai
Plot Dragon Ball (Sekuel Pertama)
Cerita perdana Dragon Ball dimulai dengan petualangan Son Goku yang nampak berdiri di atas sebuah kayu di sebuah desanya. Dia sedang mencoba mencari makanan di sungai pada saat itu. Tak lama kemudian dia bertemu dengan seorang gadis yang umurnya tak jauh berbeda darinya, yaitu Bulma. Pada saat itu Bulma datang ke tempat Goku karena dia mengetahui dari radar Dragon bahwa terdapat Bola Dragon Ball di sekitar situ. Dari sini lah petualangan Goku dan Bulma mencari Dragon Ball dimulai. Konon, jika ketujuh Dragon Ball dikumpulkan menjadi satu, maka akan muncul sang Dewa Naga (Shenlong) dan bisa mengabulkan semua permintaan yang diinginkan. Di tengah perjalanan dengan Bulma dia bertemu dengan Master Roshi, seorang kakek tua yang sakti namun terkadang berpikiran mesum. Mereka juga bertemu dengan seorang bandit gurun bernama Yamcha, yang mana Yamcha ini akan menjadi rival Goku pada awal cerita, namun setelah itu berubah menjadi teman biasa.

Seiring petualangannya yang terus berlanjut, Goku sudah mengumpulkan banyak teman. Bahkan dia membentuk satu tim dengan Bulma, Yamcha, Puar, dan Oolong. Selanjutnya, mereka bertemu dengan musuh pertama yaitu Pilaf. Dalam pertarungannya dengan Pilaf ini lah Goku untuk pertama kalinya berubah ke dalam bentuk Kera Raksasa. Kemudian dia juga bertemu dengan gadis kecil bernama Chi Chi yang mana kelak akan menjadi istrinya (menikah pada akhir sekuel Dragon Ball). Goku juga bertemu dengan seseorang yang nantinya dianggap sebagai sahabat baiknya, Krilin, seorang biksu shaolin yang umurnya tak jauh beda dengan Goku. Goku dan Krilin beberapa waktu kemudian belajar bela diri bersama-sama pada Master Roshi. Setelah itu musuh Goku yang bisa dikatakan paling besar adalah Tentara Red Ribbon karena jumlah mereka yang bisa dikatakan lumayan banyak. Mereka adalah sebuah organisasi yang bergerak pada bidang teknologi senjata dan berusaha merebut Dragon Ball untuk mencapai kejayaan mereka.

Di tengah perjalanan, Goku bertemu kembali dengan musuh yang lumayan kuat, bernama Tien Shinhan bersama partner kecilnya Chiaotzu. Dia bertemu dengannya di sebuah kejuaraan bela diri bernama World Martial Arts Tournament. Namun Tien yang menyadari bahwa dia dikhianati oleh gurunya, akhirnya menjadi sahabat Goku. Kemudian musuh Goku yang terakhir dalam sekuel pertama ini adalah Piccolo Junior, sering dipanggil dengan nama Piccolo. Goku mengalahkannya juga pada saat di World Martial Arts Tournament. Pada akhirnya Piccolo juga menjadi sahabat Goku. Pertarungan tersebut menjadi pertarungan terakhir Goku melawan musuh terkuat di Dragon Ball. Di akhir cerita, Goku pun menikah dengan Chi Chi.

0 comments:

Post a Comment